Sabtu, 12 Juni 2010

Pengaruh Buku

Berbicara tentang buku memaksa kita untuk membuka diri akan pengetahuan, pengalaman bahkan petualangan.

Bila kita memasuki sebuah lingkaran komunitas atau organisasi kita akan dihadapkan pada bacaan-bacaan yang sifatnya wajib. Dalam komunitas design, buku tentang logo dan layout menjadi wajib. Dalam komunitas film, buku tentang skenario dan sejarah film jadi penting. Dalam komunitas sastra, seabrek judul karya adi menjadi sesuatu yang harus dilahap.

Sebuah buku bisa saja memiliki pengaruh besar terhadap pembacanya. Siapa yang menyangka akan ada yang membunuh hanya karena terbakar buku The Catcher in the Rye-nya JD Salinger. Mungkin tak ada yang mengira hanya dengan buku-buku di perpustakaan Karl May mampu berpetualang ke seluruh pelosok bumi (hanya satu bukunya yang ditulis berdasarkan petualangan asli). Dan banyak lagi buku yang menginspirasi pembacanya untuk melakukan tindakan-tindakan yang mencengangkan seperti The Turner Diaries (menginspirasikan naziisme di Amerika utuk meledakkan gedung federal), Trilogy Foundation (Sekte kiamat di Jepang terinspirasi dari buku ini) dan lainnya.
Untuk lingkup Indonesia kita mengenal Tetralogi Buru-nya Pramoedya Ananta Toer sebagai buku yang menginspirasi rasa nasionalisme terhadap bangsa. Yang lebih populer ada buu ayat-ayat cinta dan laskar pelangi yang disebut-sebut sebagai masterpiece karya sastra indonesia.
Dalam buku-buku yang menceritakan kehidupan tokoh tertentu, pembaca bisa memperoleh model yang memberinya inspirasi. Banyak penelitian yang menunjukkan kecenderungan remaja untuk meneladani siapa yang mereka baca. Pengaruh aspek sosial, moral dan kognitif dari buku itu membentuk identitas kepribadian pembacanya.
Kenapa bisa buku memengaruhi pembacanya seperti itu? Bisa jadi karena membaca merupakan kegiatan personal yang aktif. Saat membaca, seseorang mengizinkan waktu dan dirinya untuk masuk ke dalam paparan buku tersebut. Intensitas keterlibatan tubuh, perasaan dan pengetahuan pembacalah yang dapat menyebabkan pengaruh dari buku terhadap pembacanya.

0 komentar:

Posting Komentar